NAVIGASI

TIPS HP CARA MENGATASI KONEKSI INTERNET YANG LAMBAT PADA HANDPHONE

Sebelum menjual HP / Gadget terbaru Anda karena koneksi internet pada Henpon lambat, simak dulu tips dan trik cara atasi masalah koneksi pada gadget yang lambat / lemot.






Wagianto atau Kang Wagi menjelaskan bahwa Internet bisa dikatakan sebagai jantung dari setiap aplikasi Browser, tanpa Internet tentunya browser tersebut tidak dapat berfungsi semua fiturnya dan hanya menampilkan kesalahan. Yang paling banyak dialami oleh orang Indonesia adalah koneksi yang terkadang sangat lambat, ini bisa terjadi karena padatnya pengguna di daerah, misalnya saja malam minggu, pasti ramai, dan bisa jadi juga kesalahan dari kartunya yang belum direfresh koneksinya. Untuk refresh jaringan pastinya hanya operator saja yang bisa melakukannya, dan akan terlihat sulit juga jika setiap koneksi internet lambat harus menghubungi operator, untuk itu akan Saya bagikan cara sederhana mengatasi koneksi internet yang lambat.

Ada beberapa hal yang bisa dikatakan koneksi error atau koneksi yang lambat. Misalnya icon jaringan sudah tampil, tapi data download koneksi sangat jarang, dan selalu saja di data upload, ini bisa jadi disebut lemot. Tapi jika icon jaringan tidak tampil, dan akan tampil tapi memerlukan waktu sedikit lama, ini tidak dsebut lemot tapi sedikit error dan biasanya perlu direfresh supaya pemanggilan jaringan internet bisa cepat dan stabil. Saat ini sudah banyak provider yang mempunyai jaringan 3G bahkan 4G, namun disaat ini sinyal juga dibutuhkan untuk mengkoneksikan internet, jadi jika jaringan 4G misalnya hanya 1, tapi 3G full, sebaiknya gunakan yang 3G saja, karena tidak tentu sinyal yang hanya 1 bisa mendapatkan kecepatan yang tinggi.

Hal seperti ini pernah Saya alami ketika hari besar, misalnya hari raya dan malam minggu, pasti internet bakal lambat didaerah Saya, lalu Saya mencoba mempraktekan sedikit cara untuk mengatasinya dan hasilnya memang jitu, koneksi internet bangkit kembali tanpa harus menghubungi operator. Yang Saya kira cara ini khusus untuk keadaan darurat yang membutuhkan koneksi internet stabil serta dengan cara yang efektif. Berikut ini Saya bagikan beberapa cara untuk mengatasi internet yang lambat. Saya tidak menyuruh untuk memakai semua cara dibawah, tapi bedakan dari yang bisa terbilang cara tercepat, dan pilih.

Restart Ponsel – Cara ini yang paling mudah sekali, jadi cukup matikan dan hidupkan ponsel, dan cobalah terhubung internet kembali, jika di smartphone mungkin bernama Reboot.
Mengganti tipe jaringan – Silahkan ganti tipe jaringan, jika sebelumnya WCDMA silahkan diubah dulu ke EDGE/GSM, dan selanjutnya ubah kembali semula ke WCDMA.
Ubah jaringan secara manual – Jika sebelumnya mode jaringan dilakukan secara otomatis, silahkan ubah menjadi manual dan cari operator yang sedang digunakan
Dekatkan ponsel di jendela – Mungkin ini terlihat gila, tapi cara ini juga sangat efektif, Saya juga tidak tahu mengapa ketika Saya mendekatkan ponsel ke jendela, koneksinya jauh lebih baik, begitu pula dengan jaringan Wi-Fi yang lebih stabil jika perangkat didekatkan ke jendela.
Ubah jaringan Akses Poin (APN) Manual – Jika sebelumnya tidak pernah menambah Akses Poin baru, sebaiknya buat secara manual, dari IP, Port, username, dan password sesuai provider yang digunakan, karena biasanya akses poin secara asal hanya kosongan tanpa setting apapun.
Menggunakan aplikasi PING – Ini adalah cara alternatif ketika koneksi sangat lambat, maka bisa melakukan PING untuk mencoba testing jaringan ke DNS situs yang di PING. Bisa menggunakan aplikasi Terminal Emulator jika di Android.
Tes ke situs Homepage provider – Biasanya setiap provider memberikan akses gratis ketika menuju homepage dari provider tersebut. Cobalah mencoba ke homepage dan tes apakah data download berjalan stabil atau tetap lambat.
Mengganti ke mode pesawat – Cara ini yang terakhir, yaitu mengganti ke modus penerbangan/pesawat, jadi semua jaringan akan dinonaktifkan. Tunggu hingga 1 menit, lalu ubah kembali mode penerbangan ke mode semula, dan lihat perbedaanya.
Dari semua cara diatas, Saya lebih sering menggunakan cara yang terakhir, karena menurut Saya itu salah satu cara ketika icon jaringan tidak cepat tampil dan meski tampil, koneksi sangat lambat. Maka dengan mengganti profil/mode penerbangan dan mengembalikannya seperti semula, ini hampir sama layaknya ponsel di Reboot/Restart. Jika cara diatas masih belum berfungsi dengan baik, cobalah menghubungi operator dan suruh untuk merefresh jaringan, untuk menghubungi bisa melalui E-mail, Twitter, atau telpon pada nomor Customer Service.

Untuk cara ke-4 itu memang bukan main-main, karena sudah Saya coba sendiri dirumah dan dirumah kerabat. Saya juga selalu heran kenapa ketika ponsel didekatkan ke jendela bisa mendapatkan kecepatan, bahkan tidak hanya untuk jaringan seluler saja, namun jaringan Wi-Fi juga stabil dan terbilang lebih cepat jika perangkat didekatkan ke jendela. Menurut Saya ada perbedaan ketika berada di luar rumah dan didekat jendela, tentu Saya lebih memilih didekat jendela. Ingin tau kenapa ? Ini masih menjadi misteri. 

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: