NAVIGASI

TIPS HP CARA TERBARU ATASI HANDPHONE CEPAT LOW BAT

TIPS CARA CEPAT MENGATASI MASALAH HP / HANDPHONE ANDROID CEPAT LOWBAT / BATERAI LEMAH



Amir Amirudin yang berprofesi sebagai tukang service HP / Handphone / iPhone / gadget paling sering mendapat pertanyaan oleh konsumennya, Bang Amir sering di tanya kenapa HP / Handphone nya cepat lemah baterainya / Lowbat padahal Henpon nya baru beli.




Cara Mengatasi HP Yang Sering Cepet Low-Bat


Hand Phone anda sering ngedrop? Banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh para pemakai Hand Phone kepada teknisi, “ baterai HP saya cepat habis “ atau “ Hand Phone baru saya hidupkan tapi baterai low padahal baterainya baru dan bagus, kenapa ya? “.

Jika kita melihat pada komponen-komponen yang ada pada Hand Phone, ada yang mendapat suplay power langsung dari baterai ( Voltage Baterai) dan adapula yang disuplay dari IC CCONT (IC POWER) disebut ( Voltase Base Band ). Beberapa komponen yang menyebabkan baterai cepat habis adalah komponen yang langsung mendapat power dari baterai (VBat), dan komponen-komponen tersebut adalah :

1. IC PA (Power Amplifier)

IC PA ini digunakan untuk menguatkan suara pada HP. Saat anda memutar musik dengan keras, IC ini yang bertanggung jawab untuk menguatkanya sehingga musik bisa didengar keras. IC ini sering sekali terjadi konsleting (short), baik full-short atau semi-short. Jika terjadi full-short maka Hand Phone tersebut akan mati total dan jika terjadi semi-short maka baterai akan cepat habis (drop).

Sebelum mengganti IC ini, maka alangkah baiknya untuk mengeceknya terlebih dahulu dengan cara aliri Hand Phone tersebut dengan tegangan baterai jika IC terasa hangat dibanding komponen lain
bisa jadi IC PA tersebut mengalami kerusakan. Angkat dan ganti IC tersebut. Jika IC PA aman-aman saja, maka silahkan cek pada IC CCONT (IC POWER)

2. IC CCONT (IC POWER)

Fungsinya sebagai pembagi dan pengatur tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh blok rangkaian / komponen lain. IC Power ini juga sering sekali terjadi short, baik yang baik full-short atau semi-short. Sama seperti IC PA, jika terjadi full-short maka Hand Phone akan mati total dan jika terjadi semi-short maka baterai akan cepat habis (drop).

Untuk mengatahui IC ini rusak atau tidak beri tegangan dan analisa output dari IC Power, jika nilai tegangan output tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka bisa dipastikan IC tersebut mengalami semi ngesot. Langkah penyelesaiannya angkat IC Power tersebut dan ganti dengan yang baru.

3. IC CHARGER

Sebenarnya IC Charger ini tidak terlalu berpengaruh dengan cepat habisnya sebuat baterai. Tetapi jika IC ini rusak maka dalam proses pengecasan baterai akan terganggu yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada baterai itu sendiri. Kerusakan IC Charger sering kali ditandai peringatan no charging ataupun waktu pengecashan yang lama dan tidak bisa full. Langkah penyelesainnya angkat IC Charger dan ganti dengan yang baru.

4. IC UI (USER INTERFACE)

Sebagai kontroler led (lampu), buzzer (dering) dan vibra (getar), maka IC UI ini sering sekali mengalami aus atau rusak. Sehingga berdampak pada baterai yang cepat drop. Langkah penyelesainnya angkat IC UI dan ganti dengan yang baru.

5. BUZZER (DERING) & VIBRATOR (GETAR)

Meskipun buzzer & vibrator merupakan jenis komponen aksesories yang artinya sebagai pelengkap, namun keberadaannya yang mendapat power dari baterai juga berpotensi menyebabkan kasus baterai drop bahkan Hand Phone mati mendadak. Hal ini bisa terjadi karena jatuh ataupun kena air. Langkah penyelesaiannya cukup simple yaitu ganti dengan buzzer yang baru. Tetapi kejadian ini jarang sekali kalau HP dalam keadaan pemakaian normal (tidak jatuh, kena air,dll)

Tambahan :

Direkomendasikan untuk mengecek IC dan komponen yang lain dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan semacamnya. Langkah untuk memastikan suatu IC adalah penyebab short atau bukan adalah:

1. Cek konektor batre menggunakan ohm meter. Probe positif ohm meter ke negatif konektor dan prob negatif ohm meter ke positif konektor. Jika jarum menyimpang maka kemungkinan terjadi short.

2. Cek jalur Vbatt, putus jalur Vbatt yg terhubung ke IC yg akan di periksa. Biasanya jalur itu dihubungkan menggunakan komponen seperti R kecil berwarna hitam.

3. Lakukan langkah pertama diatas, kalau hasilnya sama lanjutkan langkah kedua untuk IC berikutnya, tapi kalau hasil pengukuran tahanan tak terhingga (jarum menyimpang) maka IC tersebut di pastikan short, lakukan langkah ke empat.

4. Jika hasil langkah ke Tiga adalah tahanan tak terhingga, maka 
ganti IC (IC yg rusak tidak selalu retak atau tidak selalu tampak dari fisiknya)

IC Charger itu bikin batre cepat habis adalah "ilusi", karena sebenarnya kalau IC charger rusak, ya jelas batre tidak terisi, bukannya menyedot daya batre. Vibrator sangat jarang mengakibatkan baterai drop, karen vibrator adalah motor yg tidak selalu dialiri listrik, yg mungkin terjadi drop adalah modulnya, bukan vibratornya. Artinya mengecek vibrator adalah langkah terakhir.

Untuk semua mainboard handphone dari vendor-vendor ternama (selain produk china), setiap jalur Vbatt yang menuju ke suatu komponen selalu melewati dulu sebuah induktor (bentuk SMD hitam seperti R), jadi pada saat troubleshooting mencari bagian yang short, induktor ini bisa dilepas dulu satu persatu untuk memutuskan jalur vbatt ke bagian yang dicurigai berpotensi short. Selain IC-IC yang disebut diatas, perlu dicurigai pula komponen kapasitor (C) yang terhubung langsung ke Vbat.

Itulah penjelasan singkat Bang Amir (Amir Arju Menteng Driver) tentang cara cepat mengatasi HP atau Henpon atau Cell Phone / Hand Phone yang baterainya cepat lemah / lowbat.

Tidak ada komentar: